Tips Meningkatkan Hubungan

    upaya meningkatkan hubungan
  1. Dahulukan teman
    Hubungan persahabatan sungguh penting bagi hidup kita. Kerja, kenalan, dan solidaritas harus menjadi nomor dua, dengan menomorsatukan teman-teman yang sangat berarti bagi hidup kita.
  2. Beri kebebasan
    Memberi ruang kebebasan bagi orang lain merupakan hal penting. Adalah sehat bila kita dan teman-teman mempunyai minat dan persahabatan yang unik. Keunikan tersebut memperkaya ikatan persahabatan kita dengan mereka.
  3. Saling percaya
    Kecurigaan bisa terjadi dalam suatu hubungan. Cobalah bersikap terbuka, jujur, dan saling percaya. Diskusikan perbedaan pandangan dan kepentingan yang ada.
  4. Saling menghargai hasil karya
    Jika gaji kita dua kali lipat dari gaji teman atau pasangan hidup, jangan biarkan perbedaan tersebut membuat kita merasa berada di atas teman-teman. Kita semua mempunyai kemampuan dan tujuan yang berbeda-beda dalam hidup. Hargailah kepribadian orang lain.
  5. Memaafkan dan terus melangkah
    Kita semua pasti pernah melakukan kekeliruan. Jangan biarkan kekeliruan atau kekilafan menghancurkan hubungan yang luhur dengan orang lain.
  6. Selalu menyesuaikan diri
    Kita semua terus berubah dari waktu ke waktu. Mungkin kita perlu mengembangkan pemikiran-pemikiran dan aktivitas-aktivitas baru serta meninggalkan pemikiran dan aktivitas lain. Jangan terpaku pada hal-hal yang biasanya dilakukan bersama-sama jika kita sungguh-sungguh mau berkembang.
  7. Selesaikan tugas-tugas kita
    Usahakan untuk selalu menyelesaikan setiap tugas yang dipercayakan kepada kita. Jangan sampai orang lain yang harus membereskan sampah-sampah kita setiap saat.
  8. Akui kesalahan
    Rasa bersalah karena suatu kekeliruan bisa memutus ikatan hubungan kita dengan orang lain. Karena itu, berusahalah mengakui kesalahan dan meminta maaf. Coba belajar dari kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi.
  9. Ingat hari-hari istimewa
    Bila kita sering lupa akan hari istimewa teman-teman, coba tulis-menulis dan menempelnya di tempat-tempat tertentu agar kita mudah mengingatnya.
  10. Tunjukkan kepedulian
    Mudah sekali kita memperlakukan teman semena-semena, terutama bila kita telah bersahabat selama bertahun-tahun. Pasangan dan teman lama bisa merasa bersalah karena sama-sama lupa menunjukkan kepedulian satu sama lain. Sebaiknya, terus belajar untuk selalu saling memberi perhatian.

4 comments:

  1. Tips yang manis dan bagus! Boleh dikatakan ini lho resepnya persahabatan!

    ReplyDelete
  2. emmmm berdosa lah mcm ni......tak takut nerake jahanam ke kita ye....kita sama2 bertaubat kpd Allah.......

    ReplyDelete
  3. salam sejahtera
    salam kenal
    semoga bisa jadi teman

    ReplyDelete
  4. SALING BERPESAN PADA KEBENARAN DAN KESHOBARAN.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails