Cara Sederhana Menekan Tingkat Stres

    mendengarkan musik
  1. Bersikap realistis
    Bila kita menetapkan terlalu banyak hal yang harus dikerjakan, ujung-ujungnya hanya akan menjerumuskan kita pada masalah stres. Yang lebih buruk lagi bila kita lupa merayakan keberhasilan yang sudah kita capai karena terperangkap dalam ambisi untuk menyelesaikan hal-hal yang belum tercapai.
  2. Delegasi
    Melibatkan orang lain untuk mengerjakan hal yang kita khawatirkan mungkin akan membuat mereka cemas, namun dengan cara itu, kita bisa merasa lebih ringan.
  3. Beriman
    Orang yang memegang iman atau kepercayaan tertentu sering mendapat kekuatan iman saat terjadi krisis. Apakah kita memiliki kepercayaan atau mengimani sesuatu?
  4. Cuti atau berlibur
    Sungguh paradoks! Semakin sedikit waktu kita bekerja, semakin banyak yang bisa kita capai. Pastikan kita mengambil waktu-waktu khusus untuk berlibur.
  5. Kreatif
    Banyak jalan menuju Roma. Dengan memutar otak, kita bisa menemukan jalan keluar bagi suatu masalah. Apa pun yang menyebabkan kita stres, kita pasti bisa menemukan cara untuk mencabut akar penyebabnya.
  6. Tanam bunga
    Berkebun adalah salah satu bentuk terapi diri yang mengagumkan! Benih tumbuh menjadi tanaman, kemudian berbunga pada waktunya. Kita tidak bisa memaksa supaya tanaman berbunga sebelum musim bunga tiba.
  7. Beli mainan
    Kita tidak perlu bermain seperti anak kecil. Kita bisa juga bermain berbagai permainan orang dewasa, seperti mobil-mobil olahraga dan permainan air. Namun, tidak perlu mengeluarkan jutaan rupiah hanya untuk membeli mainan. Sudah berapa lama kita tidak bermain layang-layang?
  8. Olahraga
    Bila kita segar bugar dan sehat, kita akan mampu mengatasi stres dengan lebih baik.
  9. Sharing
    Ini bukan bermaksud mengajak untuk menumpahkan kecemasan-kecemasan ke orang-orang di sekeliling kita. Akan tetapi, akan sangat membantu bila kita mau membagi hal-hal yang membuat kita stres kepada seseorang yang bisa kita percaya.
  10. Mendengarkan musik
    Musik selalu mempunyai kekuatan untuk menenangkan emosi dan perasaan kita. Coba berikan ruang bagi musik dalam hidup kita. Bila kita bisa memainkan alat musik atau bernyanyi, itu akan semakin baik lagi. Musik bisa menciptakan suasana saat kita bisa sejenak melupakan masalah kita.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails