Cara Agar Kebutuhan Tidur Tercukupi

    burung hantu
  1. Kutilang dan burung hantu
    Orang-orang yang bangun subuh melambaikan tangan di tengah senja ketika burung hantu masih lelap dalam buaian. Bila kita mempunyai pola tidur yang berbeda dengan teman sekamar atau setempat tidur, terimalah perbedaan tersebut dan tidurlah sesuai jam tidur masing-masing.
  2. Minum susu
    Susu mengandung asam amino yang bisa menenangkan pikiran. Ini sebabnya para orang tua selalu minum satu cangkir susu panas sebelum bergegas tidur. Para nenek sangat tahu rahasia ini.
  3. Jangan berolahraga malam
    Selain olahraga kamar tidur yang umum dilakukan, olahraga malam yang memacu detak nadi akan membuat kita semakin sulit tidur.
  4. Redupkan lampu kamar
    Kita sudah terkondisi bangun ketika kamar terang-benderang. Redupkan lampu kamar tidur di malam hari saat hendak tidur dan jangan lupa mematikan televisi.
  5. Jangan minum kopi sebelum tidur
    Minum secangkir kopi setelah makan malam akan membuat kita terus terjaga dan sulit tidur. Hindari kopi sebelum tidur.
  6. Berendam di bak mandi
    Coba berendam cukup lama di bak mandi dengan air hangat, diterangi cahaya lilin, dan alunan musik. Kita akan cepat jatuh tertidur setelahnya.
  7. Lepaskan kepenatan
    Jika banyak pikiran berkecamuk di dalam benak kita, cobalah meninjau semua itu sebelum bergegas tidur. Tentukan apa yang menjadi prioritas hari berikutnya. Cara ini akan menghilangkan kekhawatiran.
  8. Seprai bersih
    Untuk persoalan tidur, tidak ada lagi yang lebih penting dari seperai kapas yang bersih dan segar.
  9. Tutup pintu
    Orang mudah tidur ketika suasana tenang. Bila kita hendak menghidupkan mesin cuci di malam hari, kita tentu memikirkan konsekuensinya bagi kenyamanan tidur. Bunyi putaran mesin itu pasti akan mengganggu tidur kita.
  10. Buka jendela (jika lingkungan/keamanan memungkinkan)
    Tubuh kita butuh berbaring nyaman di bawah selimut hangat sambil tetap menghirup udara segar nan sejuk.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails