Cara Mengatasi Hubungan yang Terputus


    setelah kata putus
  1. Terus berkomunikasi
    Jika ada masalah yang harus diselesaikan, akan lebih mudah bila kita terus berusaha berkomunikasi. Akan tetapi, walau pernah bekerja sama dalam suatu bisnis penting, kita juga harus legowo, membiarkan mitra kita pergi. Seperti kita, mereka juga perlu menjalani hidup mereka sendiri.
  2. Berupaya memahami sebabnya
    Bila kita mengetahui persis sebab putusnya suatu hubungan, kita pasti bisa mengatasinya dengan lebih baik. Bahkan ketika orang-orang yang kita kenal sepintas lalu mulai membalikkan punggung, kita tentu merasa terluka jika tidak mengetahui sebab-musababnya.
  3. Jangan menyalahkan diri
    Yang terjadi, ya sudah terjadi. Kita tidak bisa kembali ke belakang. Lebih baik fokus ke masa depan, daripada harus menyesali masa lalu.
  4. Pergi dan temui teman-teman
    Jangan mengurung diri di rumah. Masih banyak teman lain yang menyukai kita. Pergilah menemui mereka dan curhat. Tapi, jangan sampai membuat mereka jenuh dan bosan karena masalah kita.
  5. Bersikap praktis
    Jika hanya hubungan yang terputus, jangan campur adukkan trauma emosional yang dialami dengan hal-hal praktis lain. Jika tidak, maka pengaruhnya akan merembet ke mana-mana tanpa dapat dikendalikan.
  6. Jangan membuat perubahan frontal
    Bila pasangan meninggalkan kita, itu berarti kita sekarang memiliki waktu luang di akhir pekan. Jangan terlalu bersedih hati dengan mengurung diri di rumah. Berusahalah untuk berpikir jernih supaya segalanya tetap terarah.
  7. Legowo dan terus melangkah
    Kadang, kita harus menerima kenyataan yang tidak dapat dielakkan. Semakin cepat kita menerima titik akhir suatu hubungan, semakin cepat pula kita melepaskan diri dari persoalan tersebut.
  8. Istirahat sejenak
    Kadang, kita perlu berhenti sejenak dengan bepergian satu-dua hari ke suatu tempat untuk merenungkan kembali hubungan yang ada. Apakah ada pelajaran yang bisa dipetik untuk langkah selanjutnya?
  9. Buat daftar
    Tulislah semua hal baik yang telah kita lakukan bersama. Ingat, tidak satu pun kebajikan tersebut yang lepas dari peran kita. Rayakan hal-hal yang baik.
  10. Kita tidak sendirian
    Hampir tidak ada orang yang luput dari masalah putusnya suatu hubungan. Artinya, orang lain juga akan merasakan apa yang kita rasakan saat ini. Karena itu, kita tidak sendirian. Sah-sah saja bila kita mencari penghiburan dari orang-orang yang kita percayai, yang mungkin pernah mengalami hal yang sama.

5 komentar:

Handycrafts on January 6, 2010 at 6:45 AM said...

artikelnya bagus

MiloMen on January 6, 2010 at 6:29 PM said...

Maaf sobat kalo saya comment disini,

hallo salam kenal dari blog milomen, mampir balik ya sekalian follow di blogku ^_^

Blog site: www.milomenz.blogspot.com

alam hijau on January 6, 2010 at 6:40 PM said...

Posting yang bermanfaat, penting untuk dicermati untuk meningkatkan kemampuan kita mengendalikan situasi apapun!

~PakKaramu~ on January 7, 2010 at 5:17 AM said...

sALAM KUNJUNG DARI pAK kARAMU

NanLimo Bertuah on January 7, 2010 at 5:29 AM said...

boleh..boleh... dibungkus dulu yah... ntar di bagiiin di kostan utk yg lagi putus..tus... :D

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Followers

Blog Archive

 

Cara Hidup Kita Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez