Cara Menyusun Prioritas

    menyusun prioritas
  1. Usia
    Walau semua orang menganggap usia sebagai salah satu hambatan, kenyataannya ada banyak hal yang bisa dilakukan pada setiap jenjang usia. Caranya dengan menentukan apa yang dilakukan sekarang dan apa yang sebaiknya ditunda kemudian saat usia sudah agak tua. Raihlah hidup yang ingin kita gapai setiap kali memasuki dekade baru dalam hidup.
  2. Anak-anak
    Jika kita orang tua, kita bisa dengan mudah meninggalkan cita-cita yang ingin diraih demi melayani anak-anak. Bila benar itu yang terjadi, semoga kita tidak menggunakan alasan melayani anak-anak untuk meninggalkan begitu saja cita-cita yang mau dicapai. Sebenarnya, bila anak-anak tahu kita sedang berusaha melakukan perubahan-perubahan hidup positif, mereka pasti akan semakin terkesan dan menghormati kita.
  3. Utang
    Utang bisa menjadi sesuatu yang sangat mengganggu. Bagi banyak orang, usaha merestrukturisasi piutang agar lebih terkontrol dan mengurangi tingkat kecemasan sering menjadi titik awal usaha perubahan hidup. Ingat, utang bisa jadi pertanda perlunya perubahan. Sebab-sebab utang juga perlu diatasi, sekaligus menyelesaikan utang itu sendiri.
  4. Kerja
    Pimpinan kerap memberi janji-janji yang tidak pasti untuk masa depan kita. Terhadap janji-janji tersebut, ada baiknya kita perlu tahu apakah yang ditawarkan (a) benar dan (b) apa sebenarnya yang kita inginkan. Hindari delegasi cita-cita kepada pimpinan dan membiarkannya mengontrolnya!
  5. Rumah
    Rumah kita memiliki peran sangat penting. Kita perlu mengalokasikan waktu dan tenaga untuk membangun rumah yang bisa membuat kita aman dan tenteram.
  6. Teman
    Tekanan teman-teman bisa memiliki pengaruh sangat besar. Jika tekanan tersebut mendorong kita mencapai apa yang dicita-citakan, berarti tekanan itu positif. Sebaliknya, bila merasa tertekan karena terpaksa mengejar tujuan-tujuan yang tidak kita yakini, tekanan tersebut mungkin berlebihan.
  7. Perjalanan
    Apakah ada tempat-tempat yang ingin kita kunjungi, namun hingga saat ini belum punya waktu, atau belum memiliki cukup dana? Carilah informasi lengkap mengenai tempat-tempat tersebut dan pelajari cara-cara praktis dan murah untuk bisa ke sana. Semakin banyak yang kita diketahui, semakin mudah kita mewujudkannya. Menyusun rencana perjalanan sama pentingnya dengan perjalanan itu sendiri.
  8. Belajar
    Jika kita masih kuliah, atau seorang mahasiswa yang sudah dewasa, menyelesaikan studi tentu menjadi hal paling penting. Menargetkan waktu lulus bisa membantu kita menyelesaikan studi dengan cepat.
  9. Merawat orang lain
    Pada masa-masa tertentu, kita perlu merawat sanak-famili yang tidak bisa apa-apa dan hanya bergantung pada bantuan kita. Itu juga salah satu kesempatan yang baik untuk membuat rencana hidup, walaupun saat-saat seperti itu kita tidak bisa maksimal melakukannya.
  10. Naluri
    Yang terakhir dan paling penting, kita perlu mendengar suara hati, atau naluri sendiri. Jika sesuatu kita rasa benar, namun tidak yakin mengapa, cobalah dengar suara hati untuk mengecek apakah hal tersebut benar.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails