Cara Membuat Orang Tua Sadar Bahwa Kita Sudah Dewasa

    ayah dan anak
  1. Perlakukan orang tua sebagai orang dewasa
    Jangan bersikap kepada orang tua seperti yang biasa kita lakukan saat kanak-kanak. Perlakukan mereka sebagai orang dewasa, maka mereka pun akan memperlakukan kita dengan cara yang sama. Kembangkan sikap rasional dalam menanggapi mereka, jangan bersikap emosional. Tunjukkan kalau kita juga bisa berperilaku dewasa dalam hidup.
  2. Berdialog sesering mungkin
    Semakin sering kita memberi tahu mereka mengenai hidup, harapan, kekhawatiran dan tantangan hidup, semakin kecil mereka menebak-menebak kita. Para orang tua yang selalu menebak-menebak apa yang dilakukan anak-anak biasanya orang tua-orang tua yang khawatir terhadap anak-anak.
  3. Kita yang mengambil inisiatif
    Kemukakan sendiri topik-topik yang menimbulkan pro-kontra kepada orang tua sebelum mereka mengambil tindakan tertentu. Langkah ini mencegah rasa malu orang tua dan ketika dibahas, topik-topik ini tidak akan membuat mereka tidak tenang. Ingat bila mereka resah atau khawatir, orang lain bisa ikut memperburuk keadaan.
  4. Diskusikan berbagai urusan yang ada
    Tunjukkan kalau kita mempunyai pandangan sendiri dan jelaskan perbedaan-perbedaannya. Dengan lembut dan bijak, kritisi cara pandang orang tua yang kurang kita sepakati. Bantu mereka untuk mencoba memandang berbagai hal lewat kacamata kita.
  5. Dorong orang tua tetap bersemangat
    Dengan bertambahnya usia kita berarti orang tua kita semakin tambah tua. Bantu mereka melakukan yang terbaik di mana pun mereka berada. Jangan lupa mengajak mereka mengalami hal-hal baru sekaligus memberi mereka tantangan untuk mencoba hal-hal baru.
  6. Beri ciuman kepada orang tua
    Orang tua juga merindukan sentuhan fisik dengan anak-anak. Tidak ada salahnya bila seorang anak memeluk ayahnya. Tunjukkan rasa cinta kita kepada mereka.
  7. Terima pengalaman orang tua
    Walau waktu berjalan terus, masalah hidup tidak banyak berubah. Meminta nasihat dari pengalaman orang tua tidak akan merusak kedewasaan kita. Ingat, orang tua kita pernah mengalami masalah-masalah yang hampir sama dengan yang sedang kita hadapi.
  8. Bayar rekening
    Orang tua selalu membayar untuk anak-anak. Anak-anak yang sudah dewasa harus sesekali membayar untuk mereka. Ini akan membuat orang tua sadar bahwa kita sudah mulai mandiri.
  9. Bersikap toleran terhadap perasaan orang tua
    Kita mungkin merasa bahagia hidup melajang, sedangkan orang tua ingin kita menikah. Terimalah pandangan mereka sebagai hal yang biasa dan buat mereka sadar kalau kita bahagia dengan hidup yang kita jalani. Orang tua kadang mengeluhkan hal-hal yang aneh.
  10. Libatkan anak-anak
    Dengan Anda menjadi orang tua, maka kedua orang tua kita mempunyai kesempatan ikut mengurus anak-anak kita dan dengan itu, mereka tidak perlu lagi mengurus-ngurus kita.

1 comment:

  1. Yaa kita wajib memperlakukan orangtua sebagaimana mestinya, sebagai anak kita harus tetap hormat dan santun!

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails