Masalah Bertetangga dan Cara Mengatasinya

    cerita tetangga
  1. Pesta yang bising
    Bila pesta kita mengganggu para tetangga, sebaiknya undang mereka ikut. Jika mereka yang sedang pesta, bersiap-siaplah untuk turut serta diajak.
  2. Rerumputan pagar yang tinggi
    Coba basa-basi menyampaikan masalah ini dengan santai sebelum menceritakannya kepada tetangga-tetangga lain. Rerumputan tumbuh perlahan, demikian pula percekcokan karena rerumputan yang mengganggu.
  3. Banting pintu
    Jika sekat dengan tetangga hanya dibatasi dinding tembok, kita tentu bisa mendengar bunyi pintu yang dibanting dan kebisingan lainnya. Bicaralah terbuka dengan mereka apakah bunyi-bunyi dalam rumah kita terdengar sampai di rumah mereka. Buat kesepakatan untuk meminimalisir masalah ini.
  4. Kotoran ayam
    Jika tetangga membiarkan ayam piaraan mereka membuang kotoran di halaman rumah kita, cobalah tanam rumput pagar pembatas yang berduri.
  5. Anak-anak yang suka gaduh
    Anak-anak biasa ribut, khususnya bila sedang bermain di taman atau kebun. Buatlah kolam dangkal dekat pintu belakang rumah kita, jangan dibangun di ujung taman yang dekat dengan jendela tetangga. Bila anak-anak tetangga mengganggu kita, bicarakan saja kepada orang tua mereka saat bertemu.
  6. Menghidupkan mesin
    Kita semua harus pergi bekerja. Apakah tetangga mengganggu tidur Anda saat mereka menghidupkan mesin mobil atau apakah mereka memanaskan mesin mobil berjam-jam pada sore di hari minggu? Cobalah menerima perbedaan-perbedaan yang ada dan bersikap toleran terhadap hal-hal yang tidak bisa dihindari.
  7. Stigma
    Bila Anda terganggu karena prasangka negatif atau cacian tetangga, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah meminta nasihat kelompok komunitas lain penasihat agama Anda. Semoga, ada kisah sukses yang bisa dipetik. Hal lain yang sama pentingnya, adalah tanyakan diri Anda Sendiri apakah perasaan Anda terhadap tetangga adalah sesuatu yang wajar atau semata-mata karena prasangka-prasangka yang telah kuat tertanam.
  8. Perilaku tidak sehat
    Jika sudah sangat berlebihan, tetangga Anda mungkin butuh pertolongan profesional segera. Jika masalahnya hanya karena Anda melihat lewat pagar rumahnya, alihkan saja pandangan ke arah lain. Jangan membesar-besarkan masalah yang kecil, kecuali kalau Anda terlalu diintimidasi.
  9. Kejahatan
    Bila curiga ada tetangga yang melanggar hukum, kesadaran moral Anda sendiri yang harus berperan, yaitu membiarkan atau melaporkannya kepada yang berwajib. Sebaiknya bersikap realistis dan toleran bila tetangga menganut nilai-nilai yang berbeda dengan Anda. Ingat, pindah rumah butuh biaya mahal. Jadi, tidak baik berselisih dengan tetangga.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails