Cara Meluangkan Waktu Bermutu Bersama Anak

    anak bermain bersama ibu
  1. Tentukan waktu khusus
    Anak-anak menyukai hal yang rutin, karena itu alokasikan satu sore khusus dalam seminggu untuk melakukan hal menarik bersama anak-anak.
  2. Buat rencana bersama-sama
    Libatkan anak-anak dalam menentukan apa yang akan dilakukan pada waktu khusus, walau tidak pada semua hal mereka bisa terlibat. Luangkan waktu untuk membuat rencana dan mendiskusikan apa yang akan kita lakukan. Hal ini sama menariknya dengan melakukan aktivitas itu sendiri.
  3. Bermain
    Kapan terakhir kali kita bermain bersama anak-anak? Permainan anak-anak memang begitu-begitu saja, namun yang penting, kita bisa masuk di dalam dunia mereka, dan mereka bisa belajar tanggung jawab dan memahami apa yang mereka lakukan.
  4. Bentuk kelompok
    Kadang ada baiknya melakukan sesuatu bersama anggota keluarga lain. Coba amati kemungkinan melakukannya bersama teman-teman atau dengan kelompok.
  5. Beli tiket secara rutin
    Ini mendorong kita untuk mengunjungi secara rutin tempat favorit kita, misalnya kebun binatang. Menyenangkan melihat pembahan-perubahan yang terus terjadi di tempat-tempat kesukaan kita. Kita bisa melihat lebih banyak hal bila rutin mengunjungi suatu tempat.
  6. Berbagi kegemaran
    Beberapa hobi seperti fotografi, menunggang kuda atau memancing bisa dilakukan bersama-sama. Pilihlah jenis hiburan, yang anak-anak bisa melakukannya sepuas hati.
  7. Memasak
    Belajar memasak selalu ada manfaatnya. Memasak bersama-sama juga salah satu cara menarik untuk merayakan suatu peristiwa. Misalnya, merayakan keberhasilan dengan menyantap menu-menu yang dimasak bersama.
  8. Bertanding
    Berusahalah bersama-sama berlomba memenangkan sesuatu, misalnya kuis, pertandingan, pacuan dan lain sebagainya. Ajak anak ikut ambil bagian dan membangun keberanian mencoba sesuatu yang biasanya kita hindari.
  9. Buka kembali raport kita saat sekolah
    Anak-anak biasanya sangat tertarik melihat kembali bukti kenangan masa lalu orang dewasa saat masih anak-anak. Raport-raport sekolah, foto-foto dan kenangan-kenangan lain saat kita kecil menjadi pemicu untuk bercerita mengenai masa lalu kita dan masa depan anak-anak kita.
  10. Main petak umpet
    Ini salah satu contoh mainan yang bisa dilakukan kita bersama anak-anak kita. Coba cari permainan-permainan tradisional lain dan mainkanlah.

1 comment:

  1. TIPS YANG SANGAT MENARIK, SAYA REKAM DAN DOKUMENTASIKAN, ENTAR KALAU DAH PUNYA ANAK BISA DIPELAJARI KEMBALI HE HE HE ...

    THANKS, DAN MET TAHUN BARU, SEMOGA MIMPI YANG BELUM KESAMPEAN DI TAHUN KEMARIN BISA MENJADI KENYATAAN TAHUN INI, AMEN!

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails