Cara Memetik Manfaat dari Pengalaman Orang Lain di Sekitar Kita

    cobalah mencari cerita pengalaman dari orang yg lebih kompeten
  1. Pilih orang yang kompeten
    Kita bisa melewati lubang-lubang jebakan dengan aman bila dibimbing oleh orang yang sudah berhasil menempuh perjalanan yang sama dengan yang sedang kita lalui. Mintalah tips-tips atau nasihatnya.
  2. Lebarkan sayap pergaulan
    Kenalan teman-teman juga bisa membantu kita dengan membagi pengalaman-pengalaman mereka yang relevan dengan kebutuhan. Minta teman-teman memperkenalkan kita dengan kenalan-kenalan mereka.
  3. Kenali apa yang boleh dan tidak boleh
    Kadang sulit membedakan apa yang bisa diterima umum dan apa yang seharusnya tidak boleh terjadi. Cermati cara orang lain menghadapi dan bersikap terhadap berbagai hal.
  4. Beri pujian
    Setiap orang senang dipuji. Bila orang semakin menyadari apa yang sedang kita upayakan, kemungkinan besar mereka akan mengakui dan memberi apresiasi terhadap prestasi-prestasi kita.
  5. Dorongan teman
    Mengapa tidak membagi tantangan yang kita hadapi dengan teman-teman dan meminta mereka mendukung kita saat sedang gundah-gulana?
  6. Berlajar dari orang berpengalaman
    Siapa yang bijaksana dan paling dihormati dalam bidang yang Anda geluti? Dekati dan ajak mereka untuk membantu kita, sehingga bisa menjadi seperti mereka.
  7. Belajar dari orang-orang sibuk
    Coba berbicara dengan orang-orang sibuk. Orang yang punya banyak waktu luang biasanya orang-orang yang kurang sukses. Bila kita akan berdialog dengan orang sibuk, usahakan supaya kita hanya memanfaatkan waktu yang mereka alokasikan bagi kita. Jangan sampai mengusik kesibukan mereka.
  8. Manfaatkan internet
    Bangun relasi dengan orang-orang di negara lain, kemudian bandingkan pandangan atau pemikiran yang mereka tulis dengan kita. Email adalah salah satu fasilitas yang baik untuk membahas topik-topik aktual yang ingin kita bagi dengan orang-orang yang belum pernah kita kenal. Cari dan temukan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan kita. Kemudian, cermati siapa saja yang kita temui.
  9. Ada alasan yang baik
    Biasanya, orang akan senang membantu bila mereka tahu pasti alasan mengapa seseorang perlu dibantu. Hati kita juga akan makin teguh bila menceritakan kepada orang lain apa yang hendak kita perjuangkan.
  10. Jangan menyerah
    Ada pula orang yang akan menolak permintaan bantuan kita. Jangan menyerah. Coba minta mereka merekomendasikan orang lain yang mereka kenal yang mungkin bersedia membantu. Juga mohon agar mereka mengenalkan kita dengan orang tersebut.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails