Cara Sederhana Membuat Hari Kita Lebih Panjang

    memperpanjang hari ini
  1. Gunakan jam weker
    Jelas sudah biasa. kita bisa menghilangkan perasaan "terburu-buru" yang sering mendera hanya dengan memanfaatkan dengan baik waktu 10 menit di awal hari baru.
  2. Rapi
    Jangan buang-buang waktu hanya untuk menemukan kembali suatu dokumen di tempat kerja, atau barang-barang pribadi di rumah. Coba belajar menata setiap hal dengan teratur dan rapi, tetapi tidak perlu kelewat ekstrem.
  3. Lakukan yang paling bisa dikerjakan
    Wajar bila orang lebih mampu dalam hal tertentu dan kurang dalam hal lain. Untuk itu, coba kerjakan apa yang paling mampu kita selesaikan, sedangkan yang lain didelegasikan saja. Dengan cara ini, kita akan berkembang lebih pesat.
  4. Sejenak berhenti
    Sungguh paradoks! Semakin sering kita berhenti, semakin banyak yang bisa diselesaikan. Manfaat yang didapat para perokok adalah bisa menghidup udara "segar" di luar ruang beberapa menit saat menikmati rokok. Istirahat sejenak tersebut memberi kesegaran baru.
  5. Hindari balas e-mail langsung dan spontan
    Bila kita selalu dibanjiri e-mail masuk, jangan membalasnya langsung seperti bermain pimpong. Dengan kata lain, yang dibalas adalah yang dipandang perlu, tidak terus sahut-menyahut hingga mencapai kesepakatan final.
  6. Kontemplasi
    Saat sedang membuat keputusan penting atau ada tantangan yang menghadang, coba pejamkan mata dan kontemplasikan hal tersebut beberapa menit. Cara ini cukup membantu kita agar tidak terjebak mengambil begitu saja solusi pertama yang muncul dalam benak kita. Kontemplasi memberi kita kesempatan berpikir lebih jernih dan mendalam.
  7. Buat prioritas
    Mantra manajer waktu adalah mendahulukan hal yang paling penting. Kadang ada baiknya pula bila kita menganggap sesuatu sebagai prioritas pertama, karena kecintaan terhadap hal tersebut.
  8. Hindari hal-hal pengganggu
    Kita tentu mengetahui apa saja yang mungkin mengganggu perhatian kita. Belajarlah untuk berkata TIDAK terhadap hal-hal seperti itu, kecuali kalau hal tersebut begitu penting dan mendasar!
  9. Penuhi kulkas
    Bila kita gemar masak, mengapa tidak melipat-gandakan stok makanan di lemari es saat tidak punya waktu untuk memasak, namun ingin tetap menikmati makanan enak?
  10. Olahraga
    Alokasikan waktu khusus setiap hari untuk berolahraga ringan, meskipun hanya jalan-jalan di taman saat makan siang. Ini akan memberi energi baru saat kembali kerja, sehingga kita bisa bekerja lebih produktif.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails