Cara Sederhana Dalam Memperbaiki Menu Makanan

    menu makanan sehat
  1. Minum cukup
    Tubuh kita 70% adalah air. Oleh sebab itu, kita perlu banyak minum, terutama saat cuaca panas atau ketika sedang kegerahan. Biasakan diri selalu membawa botol air minum. Dengan cara ini, kita bisa minum lebih banyak.
  2. Hati-hati lemak
    Diet tanpa lemak sama sekali bukanlah hal yang menyehatkan. Jadi, tidak baik menghapus lemak secara total dari diet kita. Ada jenis lemak-lemak tertentu yang lebih cocok bagi kita daripada bagi orang lain. Cermati makan-makanan yang kita makan.
  3. Satu buah saja, tidak boleh lebih
    Mengurangi gula-gula bisa membantu kita mengendalikan berat badan. Kurangilah perlahan, walau kita mungkin tidak menyadari perbedaannya.
  4. Hati-hati alkohol
    Bila suka minum, ingat minuman berakohol mengandung banyak kalori dan karena itu tidak membantu menurunkan berat badan. Berlebihan minum minuman beralkohol bisa merusak kesehatan. Berpikirlah dua kali sebelum minum.
  5. Selalu sarapan
    Sarapan pagi yang cukup akan membangkitkan semangat dan gairah kita selama mengerjakan berbagai tugas sepanjang hari. Tidak makan pagi menjadi awal munculnya kebiasaan mengonsumsi banyak makanan kecil.
  6. Jangan berpikir pendek
    Bila kita memutuskan tidak makan jenis makanan tertentu, pastikan tubuh mendapatkan semua yang dibutuhkan dari diet kita.
  7. Mengonsumsi serat secukupnya
    Banyak makanan hasil pengolahan kurang mengandung serat. Bila waktu mendesak kita untuk menyediakan stok makanan secukupnya, usahakan agar menyimpan makanan-makanan ringan yang mengandung serat tinggi.
  8. Sedikit dan sering
    Kita harus makan saat merasa lapar, jangan hanya makan saat tiba jam makan siang. Banyak orang lebih suka makan beberapa kali dengan porsi yang kecil daripada mengikuti kebiasaan umum makan tiga kali sehari. Apakah ini cocok dengan gaya hidup kita?
  9. Makanan mentah
    Buah-buahan, sayuran mentah dan kacang-kacangan bisa menjadi makanan ringan yang sangat menyenangkan. Makanan-makanan ini lebih menyenangkan daripada biskuit dan biasanya juga tidak begitu mahal.
  10. Hindari tren diet
    Setiap beberapa bulan, selalu muncul tren diet baru. Jangan terlalu terpengaruh dengan tren-tren tersebut. Coba berpedoman pada suara hati dan akal sehat kita sendiri.

1 comment:

  1. Tips yang sangat menarik. Makanan yang bergizi dan berimbang menjadi idaman keluarga.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails