Tanda-tanda Stres dan Cara Mengatasinya

    pusing sakit kepala
  1. Tidak bisa tidur
    Bila ada masalah yang mengganggu pikiran, kita akan mengalami sulit tidur. Tanda klasik adanya stres berat adalah bangun pagi dengan pikiran kacau karena kekhawatiran. Oleh sebab itu, singkirkan semua persoalan saat hendak tidur.
  2. Sakit kepala
    Kita sama sekali tidak menginginkannya, namun terjadi juga. Kepala pening! Rasanya sakit dan kita ingin sekali memeranginya. Obat penenang atau anti-sakit bisa membantu, namun yang lebih penting sebenarnya adalah meluangkan waktu untuk meninjau kembali semua yang kita kerjakan guna mengetahui apa yang tidak beres.
  3. Telapak berkeringat
    Rasanya seperti sedang menunggu-nunggu terjadinya sesuatu yang mengerikan. Pahamilah bahwa kalau gejala seperti itu adalah hal yang alamiah, misalnya terjadi sebelum tampil berbicara di depan umum. Keringat tersebut akan mengurangi kecemasan dan kekhawatiran kita saat tampil. Ketahui pula bahwa gejala seperti itu merupakan tanda terjadinya stres. Coba temukan penyebabnya.
  4. Perut mulas
    Kerja sistim pencernaan kita sungguh mengagumkan dan sistim pencernaan juga bisa menjadi salah satu barometer penting untuk mengukur tingkat stres yang kita alami: mulai dari penyakit sakit perut, buang air hingga buang angin. Perut sangat cepat menyuarakan kebutuhan-kebutuhannya. Saat stres, kita cenderung makan cepat. Coba makan pelan-pelan, nikmati jam makan dengan santai
  5. Impoten
    Ini hanya menjadi masalah kaum pria, namun penting untuk disebutkan di sini. Ketegangan pikiran akan memberi pengaruh negatif terhadap kelelakian. Rasa khawatir akan hal ini malah akan memperburuk keadaan. Semoga dokter bisa membantu.
  6. Gatal-gatal dan ruam
    Kulit berjerawat, berbisul, atau memerah sering disebabkan karena stres. Bila gejala ini terjadi pada kita, cobalah memakai pakaian yang agak longgar, sehingga bisa lebih santai dan rileks.
  7. Dada sakit
    Panik ke rumah sakit menyadarkan kita bahwa walau tidak sedang mengalami serangan jantung, kita toh perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi stres yang sedang kita alami. Pada contoh ini, tubuh tengah berusaha mengatasi stres yang terindikasi dari dada yang terasa sakit dan meminta kita segera melakukan sesuatu.
  8. Marah-marah
    Orang yang menderita stres sering menjadi teman yang menjengkelkan. Segala sesuatu dianggap salah dan mereka cepat sekali menggerutu. Coba cermati bagaimana sikap orang terhadap kita. Apakah stres yang kita alami membuat mereka jengkel?
  9. Punggung dan pundak sakit
    Saat stres, kita cenderung mengekang diri dan karena itu tanpa disadari menyebabkan otot-otot tegang. Pijat bisa mengatasi ini, namun seperti pengobatan lain, pijat hanya menyetuh kulitnya dan tidak bisa menyelesaikan akar masalah.
  10. Tidur seperti bayi
    Selain menyebabkan sulit tidur, stres juga membuat kita merasa selalu lelah. Tidur adalah cara tubuh beristirahat. Akan tetapi, bila tubuh kita butuh banyak tidur, itu mungkin pertanda bahwa kita sedang mengalami stres.

2 comments:

  1. jom la singgah ke blog saya sambil kita bertukar pendapat n juga pandangan..boleh tgglkan jejak skali comel da ikut awk

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasinya, bisa membantu untuk pencegahan dini dan membantu kawan yang sedang stress.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails