Cara Memanfaatkan Stres Untuk Hal Positif

    memanfaatkan stres kerja
  1. Menangkan balapan
    Saat kita sedang berlomba dan dituntut untuk menang, stres akan memicu mengalirnya adrenalin yang mendongkrak penampilan kita untuk menang. Syaratnya, kita harus menyiapkan diri sungguh-sungguh untuk menghadapi balapan-balapan penting, yang perlu dimenangkan.
  2. Kejar deadline
    Sesuai apa yang disepakati bersama, deadline bisa melahirkan stres positif, karena stres dalam konteks ini memotivasi kita bekerja lebih giat untuk menyelesaikan pekerjaan. Kita akan memiliki kinerja lebih, jika dituntut memenuhi deadline. Coba buat deadline untuk diri sendiri.
  3. Cinta
    Kita membutuhkan hubungan yang kuat dan kokoh dan biasanya, cinta juga kadang-kadang menimbulkan stres. Gunakan stres yang dialami untuk mengatasi berbagai rintangan yang menghadang.
  4. Lawan/Lari
    Tanpa reaksi-reaksi biokimiawi yang mengalir dalam tubuh kita saat terjadi ancaman mara bahaya, kita tidak pernah bisa lolos menghadapinya. Kekuatan stres tidak perlu harus dibangkit-bangkitkan saat kita sedang terancam, karena kekuatan stres akan muncul secara otomatis.
  5. Kemacetan lalu lintas
    Kita tentu akan terlambat karena kemacetan lalu lintas tapi tidak akan terlalu bermasalah bila sambil mendengarkan musik. Jadi, gunakan waktu perjalanan kita untuk hal positif dan menyenangkan. Jika tidak, kita akan stres.
  6. Lembur
    Bila beban kerja membuat kita tertekan dan kita menyadari kenyataan tersebut, kita bisa mengambil langkah tertentu mengatasinya. Beban kerja bisa menumpuk tanpa disadari, namun stres membantu kita melihat penumpukan itu dengan jelas saat sudah melampaui batas kewajaran. Gunakan stres sebagai alat pengingat bahwa kita mungkin telah mengerjakan terlalu banyak hal.
  7. Jadi pahlawan
    Ketika kita sedang menyusuri jalan, seorang anak kecil tiba-tiba berlari ke tengah jalan raya. Spontan ketegangan meluap dalam diri kita yang menimbulkan keberanian untuk menangkap anak kecil tersebut sebelum ia tertabrak kendaraan yang lalu-lalang.
  8. Mengelola stres positif
    Para ahli riset telah menunjukkan dengan jelas bahwa tubuh kita memetik banyak keuntungan dari pengalaman stres. Dengan kata lain, stres bisa membawa kita kembali ke kondisi normal. Oleh karena itu, belajarlah mengelola stres positif.
  9. Mengingat banyak hal
    Kejadian-kejadian yang menegangkan mudah sekali kita ingat. Entah bagaimana, peristiwa-peristiwa tersebut masuk dan tersimpan dalam memori jangka panjang kita. Yang bisa dipetik dari respon stres ini adalah bahwa kita bisa belajar banyak hal dari kesalahan-kesalahan dan kekeliruan dengan lebih cepat.
  10. Tinjau kembali tujuan awal
    Bila kita terus memaksa diri untuk maju, tapi tidak kunjung sukses, manfaatkan stres yang dialami sebagai peringatan untuk sejenak berhenti dan meninjau kembali semuanya dengan tenang. Namun, jangan biarkan stres membuat kita terombang-ambing. Gunakan stres sebagai tanda untuk mempertimbangkan kembali segalanya, bukan sebagai ancaman dalam usaha mencapai kesuksesan.

1 comment:

  1. Posting yang sangat menarik tentang cara memanfaatkan stres untuk hal positif.

    Warga Jakarta yang mengalami stres dan mendapat
    perawatan puskesmas mencapai 1,4 juta jiwa pada tahun 2007. Gejala tersebut bervariasi, dari stres hingga berkembang menjadi gangguan kejiwaan ringan sampai berat. Persoalan beragam yang timbul di Jakarta seperti perekonomian dan stres lingkungan dapat memicu persoalan tersebut.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails