Cara Bertemu dengan Tetangga

    berbagi cerita tetangga
  1. Adakan pesta di rumah Kita
    Dengan inisiatif sendiri, undanglah para tetangga bersilahturahmi di rumah kita. Usahakan agar jamuan keakraban itu sederhana dan tidak formal. Targetnya agar semua tetangga bisa bertemu dan berdialog. Pada saat itu, akan muncul gagasan-gagasan menarik yang bisa memperkuat kebersamaan.
  2. Bersihkan rumput di rumah tetangga
    Bila tetangga bepergian selama seminggu, cobalah membantu membersihkan rerumputan liar yang tumbuh di halaman rumah mereka dan ikut menjaga keamanan rumahnya. Tetangga pasti akan sangat berterima kasih atas kepedulian kita.
  3. Jaga anak-anak
    Coba cermati tetangga-tetangga yang memiliki anak, mulailah bergiliran menjaga anak-anak. Semua pihak akan memetik manfaatnya karena setiap keluarga pasti sewaktu-waktu pergi dan harus menitipkan anak-anak ke tetangga.
  4. Jaga binatang kesayangan
    Tawarkan diri membantu menjaga binatang kesayangan tetangga yang akan bepergian selama semalam. Ingat, harus kita yang insiatif dalam hal ini, jangan tunggu diminta. Bila kita yang lebih dahulu menawarkan diri menjaga binatang kesayangan mereka saat mereka bepergian, kita tentu tidak akan sungkan meminta bantuan mereka menjaga binatang kesayangan kita saat kita sekeluarga bepergian.
  5. Mulailah berkampanye
    Bila kita konsen terhadap pembangunan atau perubahan-perubahan di lingkungan kita, para tetangga tentu memiliki kepedulian yang sama. Ketuklah pintu semua orang selingkungan untuk berembuk bersama mengenai perubahan-perubahan tersebut. Dorong setiap orang untuk memberikan aspirasi agar bisa didengar oleh para pengambil keputusan karena keputusan yang dibuat juga akan mempengaruhi kita semua tanpa kecuali.
  6. Jaga keamanan lingkungan
    Pihak kepolisian atau dewan setempat bisa membantu kita untuk menjaga keamanan lingkungan. Setiap orang harus ikut dan melaporkan kegiatan apa pun yang mencurigakan kepada pihak yang berwenang. Menjaga keamanan lingkungan bisa menekan tingkat kejahatan yang terjadi. Cobalah mulai bergerak.
  7. Belanja
    Bila Anda tahu ada tetangga yang sakit dan hanya bisa berbaring di rumah, bantulah membelanjakan apa yang dibutuhkannya. Minta tetangga-tetangga lain ikut membantu.
  8. Beri salam
    Jika tidak satu pun dari tips ini berguna, cobalah bersilahturahmi langsung ke tetangga dan perkenalkan diri kita kepada mereka.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails