Tips Kerapihan

  1. Buang bon-bon belanja
    Setelah membayar sesuatu, sobek atau bakar bonnya. Demikian pula slip-slip pembayaran, informasi keadaan tabungan dan kartu-kartu ucapan.
  2. Berpikir logis
    Simpan bahan-bahan makanan baru di posisi belakang lemari makanan, bukan di bagian depan. Ini agar tidak terjadi timbunan bahan makan kedaluwarsa, atau yang sudah membusuk di bagian belakang lemari.
  3. Beli lemari makanan
    Beli tempat penyimpanan bahan makanan yang ingin disimpan. Ketika tempat tersebut penuh, buanglah bahan-bahan makanan yang sudah tidak bisa dipakai lagi sebelum memasukkan barang baru pada tempat yang sama.
  4. Jangan menggunakan kertas
    Arsipkan berbagai hal secara elektronis dalam komputer pribadi daripada mencetaknya dan menyimpan hasil cetakan. Arsip-arsip dan foto-foto digital biasanya lebih mudah ditemukan bila dibutuhkan.
  5. Belajar "menolak"
    Orang terus menawari kita banyak hal seperti hadiah, sampel-sampel gratis produk dan barang-barang kenangan. Belajarlah menolak dengan sopan.
  6. Simpan berkas-berkas kontrak
    Jangan membuang berkas-berkas kesepakatan hukum apapun. Siapa tahu suatu ketika dibutuhkan untuk membuktikan apa yang pernah disepakati. Simpan berkas-berkas tersebut di tempat yang aman.
  7. Dokumen atau catatan pajak
    Lain hal kalau kita seorang akuntan, kita perlu menjaga dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pajak. Dokumen-dokumen tersebut sangat berguna apabila kita menyangsikan pembayaran-pembayaran tertentu dan potongannya.
  8. Surat-surat garansi
    Biasanya kita terlebih dahulu harus mengkopi faktur atau bukti pembayaran dan surat garansi barang yang dibeli sebelum meminta garansi atau penggantian alat-alat rumah tangga yang rusak. Buat arsip khusus untuk surat-surat garansi. Ketika masa garansi habis, surat-surat garansinya dibuang saja.
  9. Jangan lupa membersihkan mobil
    Belum lengkap rasanya bila kita hanya membersihkan seluruh isi rumah dan tidak membersih sampah-sampah yang ada di mobil. Rapikan barang-barang yang berantakan di mobil kita dan buang semua sampah yang ada di tong sampah mobil ke tempat sampah saat parkir. Jangan biarkan menumpuk di sela-sela kursi.
  10. Data mitra atau kenalan
    Relasi merupakan aset besar. Coba pertimbangkan perlu tidaknya kita menggunakan software tertentu untuk menyimpan data alamat dan tanggal-tanggal penting dengan rapi. Usahakan agar cara tersebut memudahkan kita untuk mengingat hal-hal penting berkenaan dengan orang-orang yang mempunyai pengaruh bagi hidup kita.

1 comment:

  1. Hai,

    datang mau ngucapin

    happy lunar
    happy valentine's day
    happy ash wednesday

    buat yang merayakan, yang nggak merayakan semoga bulan penuh cinta ini selalu membawa kebahagiaan dan kedamaian...

    Ninneta

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails