Cara Belajar Tanpa Biaya

    cara belajar tanpa biaya
  1. Online
    Bila internet tidak menarik minat dan perhatian kita setiap hari, itu berarti kita belum memanfaatkan internet dengan baik. Coba kunjungi situs-situs perpustakaan berbagai universitas dan mendownload panduan-panduan gratis dengan menggunakan mesin pencari (search engines) seperti google atau yahoo. Belajarlah mencari apa yang ingin didalami.
  2. Di bus umum
    Sebelum sistem pendidikan ditemukan, orang belajar dari orang lain yang sudah lebih tahu sesuatu. Kita bisa belajar dari orang yang duduk di samping kita di bus. Ajaklah dia berbicara.
  3. Ke sekolah
    Tidak perlu masuk ruang kelas. Yang dibutuhkan adalah melibatkan diri membantu anak-anak di sekolah. Banyak hal yang bisa dipetik dari pengalaman menangani anak-anak.
  4. Bersama teman-teman
    Kekasih ikut pelatihan di tempat kerja. Tapi hanya enam orang yang ikut, sementara ada delapan kursi yang telah disiapkan. Cobalah ikut dalam pelatihan tersebut. Kita akan memetik banyak pemikiran baru dari para peserta yang hadir.
  5. Jadi relawan
    Cobalah pelajari manajemen strategi dengan terjun jadi pengawas atau komisaris suatu program amal atau, lebih dramatis lagi bila kita bergabung menjadi penggalang dana (fundraiser). Jadi relawan adalah cara terbaik membantu diri sendiri dengan membantu orang lain.
  6. Karena bos menyukai kita
    Banyak pemilik usaha membuat investasi khusus untuk pelatihan bagi para staffnya, bahkan pelatihan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang mereka kerjakan. Ini dilakukan karena organisasi-organisasi tersebut sudah menyadari bahwa semua proses belajar bisa mendorong orang semakin bermotivasi kerja. Mengapa tidak memberitahukan hal ini kepada manajer?
  7. Tanya mengapa
    Tidak ada salahnya menanyakan berbagai hal.
  8. Dana pemerintah
    Pemerintah ingin agar setiap orang memiliki akses untuk belajar. Cobalah mencari informasi tentang dana-dana pendidikan di kota tempat kita tinggal.
  9. Cari pembimbing
    Seorang pembimbing akan membantu untuk lebih fokus dalam belajar.
  10. Meminjam buku
    Mulailah "menggilir buku" yaitu membaca buku secara bergilir. Setelah kita membacanya, berikan kepada orang kedua dan seterusnya. Kita bisa melakukan ini di tempat kerja atau bersama teman-teman dan para tetangga.

1 comment:

  1. alhamdulillah dapat 10 tips belajar tanpa biaya alias gratis.. thanks infonya sobat

    HAPPY NEW YEAR 2010

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails