Cara Keluar dari Lilitan Utang


    promo kartu kredit bank
  1. Pangkas pengeluaran
    Anda perlu menyisakan uang untuk cicilan pelunasan utang. Cermati baik-baik biaya-biaya yang ada dalam anggaran bulanan Anda.
  2. Tekan suku bunga pinjaman
    Banyak pinjaman dalam bentuk piutang mempunyai tingkat bunga tinggi dan karena tingkat bunga tersebut, beban yang Anda pikul begitu tinggi bagai telur busuk yang menumpuk dalam keranjang. Pilihan terbaik yang bisa ditempuh adalah dengan meningkatkan hipotek dan melunasi pinjaman. Jangan melakukan ini tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan orang yang ahli dalam bidang ini.
  3. Negosiasi ulang
    Menyeret Anda ke meja hijau bukan hal yang mudah bagi para kreditor. Coba cermati kemungkinan melakukan negosiasi ulang kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat. Hampir semua perusahaan besar mempunyai tim yang membantu orang-orang yang tidak mampu membayar hutang atau mengalami kredit macet.
  4. Buat anggaran
    Biasanya akan sangat membantu dalam hal masalah kredit atau hutang bila Anda selalu menulis pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Caranya, tunjukkan catatan-catatan tersebut kepada para kreditor. Bila mereka mengerti alasan mengapa Anda tidak mampu membayar, kemungkinan besar mereka akan iku bertoleransi dengan persoalan Anda.
  5. Cermati apakah utang tersebut tanggung jawab Anda
    Kecuali Anda sendiri yang telah menandatangani suatu nota kesepakaan peminjaman, atau mengeluarkan uang sendiri, maka Anda tidak bertanggung jawab atas utang tersebut. Bahkan pasangan yang telah menikah pun, misalnya, tidak secara otomatis bertanggung jawab terhadap utang pribadi pasangannya.
  6. Tempuh jalur hukum
    Apabila Anda dengan disengaja dijadikan korban dalam suatu persengketaan utang, padahal kenyataannya Anda tidak bersalah dan bisa membuktikan kebenarannya di depan hukum, Anda tidak perlu membayarnya, Anda bisa menempuh jalur hukum.
  7. Terus berkomunikasi
    Sikap acuh tak acuh mengenai masalah utang hanya akan membuat orang marah. Bemsahalah terus membangun hubungan komunikasi yang terbuka dengan para kreditor dan kemukakan dengan jujur persoalan yang Anda alami kepada mereka.
  8. Lawan tekanan
    Hukum sangat tegas dalam hal tuntutan pelunasan utang. Jangan menyerah pada gertakan yang dilakukan kreditor. Tindakan seperti itu hanya akan memperumit masalah.
  9. Minta jasa konsultasi
    Dewasa ini ada banyak agen yang memberi jasa konsultasi untuk membantu Anda menangani masalah utang. Ada yang bisa melakukan negosiasi dengan para kreditor mewakili Anda.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Followers

 

Cara Hidup Kita Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez