Cara Meningkatkan Pendapatan Tanpa Harus Mencari Kerja Sampingan

    meningkatkan pendapatan
  1. Minta kenaikan gaji
    Meminta kenaikan gaji merupakan hal yang biasa, tapi coba diingat-ingat kapan terakhir kita negosiasi kenaikan gaji?
  2. Pindah kerja
    Kadang kita harus mencari pekerjaan baru yang lebih menghargai tenaga dan kemampuan kita. Alasannya, bila sudah bekerja cukup lama di suatu tempat, seringkali kita dipandang biasa-biasa saja.
  3. Kembangkan kualifikasi
    Sudah menjadi hal biasa dalam dunia kerja, orang-orang yang mempunyai kinerja kerja tinggi dengan kualifikasi atau kemampuan tertentu akan dihargai lebih. Bergabunglah dengan asosiasi profesi tertentu, atau coba pertimbangkan kemungkinan mengambil kuliah tambahan di kampus untuk pengembangan diri.
  4. Pindah kota
    Jika pemilik perusahaan atau perusahaan tempat kerja mempunyai banyak kantor cabang, pertimbangkan perlu tidaknya kita pindah kota. Bergabung dengan tim baru bisa membawa perubahan baru dengan tingkat risiko lebih kecil.
  5. Lebarkan tanggung jawab
    Dengan melebarkan ruang lingkup kerja, kita mempunyai alasan yang kuat untuk meminta kenaikan gaji. Ingat, terlebih dahulu perlu dibuktikan secara nyata bahwa kita bisa menangani tanggung jawab tambahan sebelum melangkah lebih jauh.
  6. Kaitkan gaji yang diterima dengan kinerja yang dimiliki
    Coba mengambil-alih sebagian beban risiko yang diemban bos, atau pimpinan dengan mengedepankan perlunya keseimbangan antara gaji yang diterima dengan tingkat kinerja. Berani melakukan ini?
  7. Sewakan kamar kosong
    Singkirkan semua barang dan coba sewakan kamar-kamar yang tidak digunakan. Penyewaan kamar seperti ini memungkinkan banyak orang muda meninggalkan rumah dan mulai belajar hidup mandiri.
  8. Jadikan rumah tempat pengambilan gambar film
    Kita tidak perlu tinggal di kastil, atau istana untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan rumah sebagai lokasi pengambilan gambar film. Agen-agen yang menangani lokasi film lebih suka mencari lingkungan-lingkungan yang umum, sekaligus unik.
  9. Sediakan sumber listrik sendiri
    Ini akan makin menjadi hal penting di masa-masa selanjutnya. Listrik tenaga surya, angin, biotermal, dan mikrohidro bisa dijadikan sebagai sumber tenaga listrik sendiri. 
  10. Tekan pengeluaran
    Apabila tidak ada hal yang menarik, atau relevan untuk dilakukan dari tips-tips yang dijelaskan di atas, kita mungkin perlu mencermati cara kita menekan pengeluaran.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails