Cara Mewujudkan Rencana Hidup

  1. Langkah pendek
    Anda tidak bisa menaiki tangga dengan satu langkah. Proses memperbaiki diri juga persis sama seperti itu. Oleh karena itu, setiap perubahan yang ingin kita wujudkan perlu kita terjemahkan ke dalam langkah-langkah pendek dan kita harus berusaha menjalaninya satu demi satu.
  2. Menuliskan rencana
    Rencana kita akan tertanam kuat dalam pikiran bila ditulis pada sehelai kertas.
  3. Cari tokoh teladan
    Pelajari riwayat hidup orang-orang yang berhasil meraih kesuksesan pada bidang yang ingin kita geluti. Pahami bagaimana mereka bisa melakukannya. Sadari pula bahwa mereka juga kerap harus berjuang selama bertahun-tahun sebelum bisa menjadi terkenal dan menggapai keberuntungan.
  4. Perlahan tapi pasti
    Kita harus mencita-citakan sesuatu setinggi langit, namun perlu dipastikan apakah kita memiliki cukup waktu untuk menggapainya. Banyak orang menyerah di tengah jalan, karena terlalu memaksakan diri. Yang sebenarnya kita butuhkan adalah konsistensi dan ketekunan, bukan kecepatan!
  5. Realistis
    Mungkin kita berangan-angan bisa pergi ke bulan, namun nyatanya lebih mudah mengunjungi Grand Canyon. Cobalah bersikap realistis, walau mungkin kita mempunyai keahlian, semangat dan energi untuk menjadi astronot!
  6. Cari penasihat
    Yang bisa mendampingi kita sebagai penasihat adalah keluarga, teman, atau rekan kerja. Yang penting, ada yang bersedia mendengarkan dan memberi motivasi serta dukungan.
  7. Tandai setiap kemajuan
    Setiap pencapaian perlu diberi tanda dengan hadiah khusus bagi diri sendiri. Artinya sangat penting, supaya kita belajar mengapresiasi dan merayakan setiap prestasi yang berhasil dicapai.
  8. Toleh ke belakang
    Memusatkan seluruh perhatian ke masa depan merupakan hal yang sangat penting, namun penting pula untuk sejenak menengok ke belakang untuk mengetahui sejauh mana kita telah melangkah. Oleh karena itu, berhentilah sejenak dan renungkan apa yang sudah kita capai sampai saat ini.
  9. Lakukan pembandingan
    Benchmark merupakan istilah yang tinggi, namun ada baiknya bila kita menggunakannya. Arti istilah ini adalah kita perlu mencari orang-orang yang berjuang ke tujuan yang sama dengan tujuan kita. Kemudian, bandingkan kemajuan yang kita capai dengan yang telah mereka capai.
  10. Berpikir positif
    Teruslah meyakinkan diri bahwa segala sesuatu mungkin dan bisa menjadi kenyataan. Singkirkan semua keraguan yang hanya membuat perjalanan kita terbeban

1 comment:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails